Aplikasi PK Guru (PKG) Revisi 2019

Guru  adalah  pendidik  profesional  yang  mempunyai  tugas,  fungsi,  dan  peran  penting dalam mencerdaskan  kehidupan  bangsa.  Guru  yang  profesional  diharapkan  mampu berpartisipasi dalam  pembangunan  nasional  untuk  mewujudkan  insan Indonesia  yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau  dikatakan  bahwa  masa  depan masyarakat,  bangsa,  dan  negara,  sebagian  besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru.

Untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang profesional dalam bidangnya, maka PK Guru harus diberlakukan kepada semua guru di setiap satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah,  pemerintah  daerah,  dan  masyarakat.  Guru  yang dimaksud tidak  terbatas  kepada guru  yang  bekerja  pada  satuan  pendidikan  di  bawah kewenangan  Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan  (Kemdikbud),  tetapi  juga mencakup guru yang bekerja pada satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Agama  (Kemenag)  dan/atau  Kementerian  lain,  serta  satuan pendidikan  lain  yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Untuk mendapatkan informasi hasil PK Guru secara komprehensif, penilaian tidak hanya dilakukan oleh  kepala  sekolah/guru  penilai  saja.  Penilaian  juga  melibatkan  penilai internal lainnya yaitu teman sejawat, peserta didik dan penilai eksternal yaitu orang tua peserta  didik,  instansi/dunia usaha  dan dunia  industri  (Du/Di). Untuk itu  disediakan instrumen  tambahan  (suplemen)  yang dapat  menghimpun  data  dan  informasi  tentang kinerja Guru dari penilai internal dan eksternal tersebut. 

Selain  itu  kehadiran  guru  juga  dijadikan  salah  satu komponen yang  dinilai  dalam  PK Guru.  Hal  tersebut  berdasarkan  hasil  studi  yang  dilakukan  oleh  lembaga  penelitian SMERU dan Australian  Council  for  Educational  Research (ACER)  pada  tahun  2013 yang  dilaporkan pada  tahun  2015  tentang  rendahnya  kehadiran  Guru  di  Indonesia. Dengan penghimpunan data dan informasi dari berbagai unsur dan komponen kehadiran Guru, maka hasil PK Guru akan menjadi lebih komprehensif dalam menjawab tantangan.

Berdasarkan paparan di atas, tentu pelaksanaan PK Guru akan mejadi berat karena harus dilakukan menggunakan instrumen yang sangat kompleks. Pada kesempatan ini kami mencoba untuk mempermudah PK Guru tersebut dengan merilis Aplikasi PK Guru secara Gratissss yang dapat diunduh pada link berikut ini:


Fitur Baru Aplikasi PK Guru Revisi 2019
  1. Tampilan Profesional
  2. Sudah disertai Instrumen tambahan (suplemen) untuk siswa, orang tua siswa, dan guru (teman sejawat)
  3. Perubahan pada Lampiran 1D sesuai format terbaru
  4. Semua serba otomatis
Download Aplikasi PK Guru Revisi 2019
  1. Aplikasi PK Guru Revisi 2019  disini
  2. Pedoman PK Guru disini
  3. PPT PK Guru disini

Demikian postingan blog kali ini, semoga bermanfaat untuk kelancaran pelaksanaan PK Guru


Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb