PERMINTAAN DAN PENAWARAN






A.     Permintaan dan Penawaran
1.     Permintaan
Pemintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan pada periode tertentu.
Permintaan individu atau perorangan adalah permintaan orang per orang tarhadap suatu produk tertentu. Permintaan individu ditentukan oleh harga, pendapatan, harga barang lain yang berkaitan, selera, dan ekspektasi.
Permintaan pasar adalah penjumlahan dari semua permintaan individu. Permintaan dapat digolongkan menjadi tiga macam sebagai berikut.
a.      Permintaan absolut
Merupakan permintaan yang tidak didukung oleh daya beli, tetapi lebih merupakan suatu angan – angan.
b.      Permintaan potensial
Merupakan permintaan yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki
c.      Permintaan efektif
Merupakan permintaan terhadap barang atau jasa yang dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki.
Hukum Permintaan menjelaskan hubungan antara perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta. Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik.
Artinya, jika harga naik akan menyebabkan jumlah barang yang diminta turun, sebaliknya apabila harga turun akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris paribus  
2.     Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
Hukum Penawaran menyatakan hubungan antara harga barang atau jasa dengan jumlah yang ditawarkan positif. Artinya, apabila harga naik maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan juga naik. Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan juga turun.
Pada dasarnya, produsen berusaha memaksimalkan keuntungan. Produsen beralasan bahwa juka harga naik sedangkan faktor lain konstan, maka produsen menjadi lebih mau untuk menawarkan barang dalam jumlah yang lebih banyak. Karena dengan demikian akan dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak.


B.     Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
1.      Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan
a.      Perubahan pendapatan konsumen. Pendapatan sangat berpengaruh terhadap permintaan, seseorang yang mempunyai pendapatan tinggi tidak begitu berpikir tentang tinggi rendahnya harga. Sebaliknya orang yang pendapatannya rendah, permintaannya akan tergantung pada tinggi rendahnya harga.
b.      Perubahan harga barang lain yang berkaitan. Kaitan suatu barang dengan barang lain bisa secara substitusi atau komplementer.
c.      Perubahan selera. Apabila selera konsumen terhadap suatu barang tinggi, maka permintaan terhadap barang tersebut akan naik, dan sebaliknya.
d.      Perubahan intensitas kebutuhan. Terhadap barang yang mempunyai intensitas kebutuhan yang tinggi, maka permintaannya lebih tinggi dibandingkan dengan barang lain.
e.      Perubahan harapan dimasa mendatang.

2.      Faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran
a.      Harga. Apabila harga tinggi maka produsen akan meningkatkan produksinya, sehingga kuantitas barang yang ditawarkan naik.
b.      Teknik produksi. Semakin modern alat yang digunakan untuk memproduksi suatu barang, maka akan semakin cepat proses produksinya dan semakin banyak produk yang dihasilkan sehingga penawaran meningkat.
c.      Harga sumber produksi. Apabila harga sumber produksi tinggi, maka kuantitas produksi akan manurun sehingga penawaran juga turun, dan sebaliknya.
d.      Perkiraan perubahan masa depan.

Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a comment

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb