SUMBER DAYA ALAM (SDA)






Sumber daya alam di Indonesia
Potensi sumber daya alam di Indonesia terbagi menjadi 5 kelompok yaitu :
1.      Sumber Daya Tanah
2.      Sumber Daya Air
3.      Sumber Daya Udara
4.      Sumber Daya Hutan
5.      Sumber Daya Mineral

1.      Sumber Daya Tanah
Tanah merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanah digunakan sebagai media berbagai macam kegiatan manusia seperti pertanian dan perkebunan. Namun tingkat kesuburan tanah di wilayah Indonesia tidaklah sama sehingga hasil produksinya pun berbeda – beda.
Secara umum tingkat kesuburan tanah dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
a.       Tanah Subur
Tanah vulkanik merupakan jenis tanah yang paling subur dan biasanya jenis tanah ini dapat dijumpai di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan.
b.      Tanah Kurang Subur
Tanah pasir, gambut dan kapur merupakan jenis tanah yang kurang subur, tanah ini biasanya dapat dijumpai di Pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

c.       Tanah Tidak Subur
Tanah yang tidak subur merupakan tanah yang tandur yang diakibatkan oleh proses pencucian oleh air hujan. Tanah yang kurang subur dapat kita jumpai di Pulau Jawa bagian barat dan selatan serta di Kalimantan bagian barat.

2.      Sumber Daya Air
Air merupakan SDA yang mutlak diperlukan bagi kehidupan. Di permukaan bumi, air dapat dibedakan atas : air tanah, air sungai, air danau, air hujan dan air laut. Sumber daya air dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam kegiatan di antaranya yaitu :
a.       Mengairi areal persawahan dengan sistem irigasi.
b.      Kegiatan perikanan dengan menggunakan air tawar dan air payau.
c.       Digunakan untuk pembangkit tenaga listrik.
d.      Untuk kebutuhan air bersih dan keperluan sehari – hari seperti minum, mandi, mencuci, dll.
e.       Wilayah laut untuk pariwisata dan olah raga.

3.      Sumber Daya Udara
Udara merupakan sumber kehidupan, dikatakan demikian karena tanpa udara manusia tidak bisa hidup sebab udara dipergunakan / diperlukan dalam sistem pernapasan. Oleh karena itu kita harus menjaga udara agar tetap bersih dan tidak tercemar, salah satu caranya ialah dengan menjaga keasrian hutan.


4.      Sumber Daya Hutan
Hutan merupakan suatu areal yang di atasnya ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan. banyak manfaat yang akan di timbulkan dengan adanya kelestarian hutan yaitu :
-         Udara menjadi segar.
-         Sumber penghasil kayu.
-         Sebagai tempat berlindung / hidupnya hewan / fauna.
-         Mencegah terjadinya tanah longsor, banjir dan kekeringan di musim kemarau.
-         Menjaga keseimbangan CO2.

Namun manfaat ini akan terbalik apabila hutan mengalami kerusakan akibat ulah manusia yang menebang pohon secara sembarangan dan tidak melakukan penanaman pohon kembali. Serta ulah manusia yang melakukan pembakaran hutan.
Adapun jenis – jenis hutan yang terdapat di Indonesia antara lain :
a.       Hutan Hujan Tropis
Hutan ini terdapat di daerah tropika, dimana tumbuhan yang hidup di sana adalah tumbuhan yang hidupnya menempel pada tumbuhan lain seperti anggrek, lumut, dan jamur.
Hutan Hujan Tropis tumbuh di daerah yang memiliki suhu udara, kelembapan dan curah hujan yang tinggi. Hutan ini dapat kita jumpai di Sumatra, Kalimantan dan Papua.
b.      Hutan Muson (Musim) Tropika
Jenis hutan ini terdapat di kawasan tropika yang perbedaan musim hujan dan musim kemaraunya sangat jelas. Ciri khas hutan musim ini adalah ditandai dengan adanya tumbuhan yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Misalnya jati. Hutan ini dapat kita jumpai di Jawa Timur dengan sebagian Pulau Bali.
c.       Hutan Mangrove
Hutan mangrove hidup di sekitar dataran pantai yang berlumpur tebal (rawa dekat pantai). Jenis tanaman yang hidup di hutan mangrove adalah bakau dan ni pah. Adapun fungsi dari hutan mangrove adalah sebagai berikut :
a.       Pencegah abrasi air laut.
b.      Sebagai habitat berbagai jenis spesies air payau seperti udang dan bandeng.
c.       Sebagai filter zat garam yang di bawa angin laut ke kawasan daratan.

5.      Sumber Daya Mineral
Sumber daya mineral terdapat di kawasan Indonesia yang daerahnya dilalui jalur gunung api sehingga di jalur tersebut akan terbentuk magma dan berbagai mineral yang terletak pada tubuh gunung api.

Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a comment

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb