Pemimpin menurut Hindu






Dasar kepemimpinan menurut pandangan Hindu bersumber pada Kitab Smrti. Tipe kepemimpinan pada Purana dan Itihasa dilandasi dengan dasar kepemimpinan yang diambil dari Itihasa Ramayana. Yang terkenal dengan sebutan Asta Brata, delapan sifat kepemimpinan yang diterapkan oleh seorang pemimpin pada kepemimpinannya yang adil, antara lain :
a.       Indra Brata           :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Indra, berusaha menciptakan rasa subur dan makmur dalam proses kehidupan.
b.      Yama Brata          :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Yama, menegakkan supremasi hukum dengan bertindak obyektif, tegas tanpa pilih kasih.
c.       Candra Brata        :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Candra, lembut dan menyejukkan rakyat sehingga merasa aman terlindungi menjalankan proses kehidupan.
d.      Surya Brata          :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Surya, memberi penerangan secara adil menyeluruh dan merata.
e.       Bayu Nila Brata    :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Bayu, masuk ke sela-sela rakyat yang terbawah sehingga merasa tersentuh hatinya. Tidak membedakan ras / suku, agama dan marga.
f.        Kuwera Brata       :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Kuwera, adil memberikan bantuan tanpa ada perbedaan
g.       Baruna Brata        :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Baruna, memberikan keamanan dan pendidikan secara merata.
h.       Agni Brata            :   Pemimpin memiliki sifat seperti Dewa Agni, memiliki sifat kesatria dalam mengatasi bentuk permasalahan


Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a comment

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb